Kapal Penumpang di Lingga Terbakar
Kapal Roro Paray terbakar di Pelabuhan ASDP Jagoh, Kabupaten Lingga, Provinsi Kepri, Rabu, 30 Mei 2018.
Batam: Sebuah kapal penyeberangan roll on roll off (roro) KMP Paray rute Penarik-Jagoh, Kabupaten Lingga, Provinsi Kepri, terbakar. Kebakaran terjadi di Pelabuhan ASDP Jagoh, Lingga, Rabu, 30 Mei 2018 sekitar pukul 18.05 WIB.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu. Kapal sudah tiba di pelabuhan dan seluruh penumpang sudah turun di dermaga Pelabuhan ASDP Jagoh.

Penyebab kebakaran belum diketahui. Regu pemadam kebakaran yang tiba di lokasi terus berusaha memadamkan api. Kebakaran hampir melahap seluruh bagian kapal.


Infornasi yang dihimpun Medcom.id, kapal roro tersebut sudah dalam keadaan kosong ketika kebakaran terjadi. Tidak ada kendaraan yang dilaporkan ikut dilahap si jago merah.

"Kapal dalam keadaan kosong," ujar Kasi Operasi SAR Tanjungpinang, Eko Suprianto, Rabu, 30 Mei 2018.

Eko mengatakan, informasi yang diperoleh di lapangan, penyebab kebakaran karena korsleting listrik. Petugas dari Basarnas Lingga, BPBD Lingga, polisi, Dinas Perhubungan masih berada di lokasi.

"Regu pemadam terus berupaya memadamkan kebakaran yang terjadi di kapal. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini," ujarnya.

Kabid Perhubungan Darat Dinas Perhubungan (Dishub) Lingga, Novrizal, membenarkan peristiwa kebakaran itu. "Benar, ini lagi menuju ke Jagoh, Lingga," ujarnya. Ia belum dapat memberikan informasi rinci terkait kebakaran tersebut.

Kebakaran baru bisa dikendalikan sekitar pukul 18.45 WIB. Saat ini, kata Eko, proses memadamkan sisa kebakaran yang masih ada. "Saat ini sedang finishing setelah api berhasil dipadamkan," ujarnya.

Nahkoda dan ABK kapal roro tersebut juga mulai melakukan pembersihan. Kepolisian yang tiba di lokasi juga mengumpulkan informasi di lapangan.



(ALB)