ilustrasi Medcom.id
ilustrasi Medcom.id (ant)

37 Kg Sabu dari Malaysia Disita

narkoba sabu narkotika
ant • 16 Januari 2019 19:06
Pekanbaru: Polda Riau menggagalkan penyelundupan sebanyak 37 kilogram (Kg) sabu dari negeri jiran Malaysia. Bersamaan disita pula 75 ribu butir ekstasi dan 10 ribu butir happy five.
 
Narkoba disembunyikan di dalam kapal pompong yang berlayar di perairan Sungai Kembung, Kecamatan Bantan, Kabupaten Bengkalis. Tiga orang, masing-masing SC, SD, dan MA, langsung ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus ini. Dua tersangka lainnya masih buron.
 
"Ketiganya warga Riau," kata Kepala Bidang Humas Polda Riau Komisaris Besar (Kombes) Sunarto dalam ekspos perkara di Pekanbaru, Rabu, 16 Januari 2019. Ketiga tersangka dibekuk di Probolinggo, Jawa Timur, pada 5 Januari.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Barang bukti yang diselundupkan ini bernilai sekitar Rp40 miliar," ungkap Sunarto.
 
Sunarto merinci, kasus ini terbongkar lewat patroli rutin Polisi Air pada Desember 2018. Petugas curiga karena tiba-tiba awak kapal meninggalkan kapal pompong dengan alasan mencari bahan bakar, tetapi tidak kunjung kembali.
 
Direktur Ditpolair Polda Riau Kombes Hely Wiyanto menambahkan modus penyelundupan barang haram itu dilakukan di tengah laut. Awak kapal bertransaksi di perairan Selat Malaka yang berbatasan langsung dengan Malaysia.
 
"Hasil pemeriksaan sementara tersangka, barang narkoba ini dipesan dari luar negeri. Kita akan kembangkan lebih lanjut jaringannya," jelasnya.
 

(ALB)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi