Bea Cukai Tangkap Calon Penumpang Pesawat Pembawa Narkoba

Anwar Sadat Guna 23 November 2018 12:53 WIB
kasus narkoba
Bea Cukai Tangkap Calon Penumpang Pesawat Pembawa Narkoba
Ilustrasi Medcom.id/ Mohammad Rizal.
Batam: Seorang calon penumpang pesawat dengan rute Batam-Semarang-Banjarmasin ditangkap petugas Bea Cukai Bandara Hang Nadim karena kedapatan membawa narkotika jenis sabu. Penumpang berinisial VC ditangkap di terminal keberangkatan saat menyembunyikan dua paket sabu di celana dalam yang dikenakan. 

Kabid BKLI Kantor Pelayanan Utama Bea Cukai Batam, Sumarna, mengatakan, penumpang berinisial VC diamankan pada Kamis, 22 November 2018 sekitar pukul 08.00 WIB oleh Petugas BC KPU BC Tipe B Batam.

"Petugas kami melakukan penegahan amphetamine (sabu) sebanyak 205 gram di Terminal Keberangkatan Domestik Bandara Internasional Hang Nadim Batam. Penumpang tersebut membawa barang bukti yang disimpan di celana dalam yang dikenakannya," kata Sumarna, Jumat, 23 November 2018. 


Sumarna menjelaskan, penangkapan tersangka berawal saat petugas Avsec Bandara Hang Nadim melakukan pemeriksaan terhadap badan penumpang. Saat melakukan pemeriksaan, terdapat barang mencurigakan di bagian sela paha penumpang.

"Atas kecurigaan tersebut, petugas melakukan pemeriksaan lebih lanjut dengan membuka celana penumpang tersebut di ruang pemeriksaan. Pemeriksaan lebih lanjut dilakukan bersama petugas Bea Cukai Bandara Hang Nadim," jelas Sumarna.

Hasil pemeriksaan, sambung Sumarna, didapati bahwa pada bagian celana dalam penumpang terdapat dua bungkus plastik yang diduga methamphetamine. "Kepada tersangka juga dilakukan tes urine, namun hasil tes urine menunjukkan bahwa yang bersangkutan negatif menggunakan sabu," ujar Sumarna.

Tersangka VC dan barang bukti kemudian dibawa ke Kantor KPU Bea dan Cukai Tipe B Batam untuk dilakukan pemeriksaan dan proses lebih lanjut. Setelah dilakukan pengujian, kedapatan barang tersebut adalah methamphetamine dengan berat bruto 205 gram.

"Selanjutnya, pada hari yang sama, tersangka dan barang bukti diserahkan/dilimpahkan ke Kepolisian Resor Kota (Polresta) Barelang, Batam," pungkas Sumarna.



(DEN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id