NEWSTICKER
Kepala BKKBN Surya Chandra Surapaty. Foto: MI/Immanuel Antonius
Kepala BKKBN Surya Chandra Surapaty. Foto: MI/Immanuel Antonius (Antara)

Ada Kampung KB di Ujung Indonesia

keluarga berencana
Antara • 21 Februari 2016 19:36
medcom.id, Sabang: Kota Sabang resmi memiliki Kampung Keluarga Berencana (KB). Kampung KB bernama Mustika Jaya ini berada di Gampong Krueng Raya, Kecamatan Sukakarya, Kota Sabang, Aceh. 
 
Kampung KB resmi dicanangkan oleh Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), Surya Chandra Surapaty. Menurut Surya, Kampung KB Mustika Jaya merupakan kampung KB kedua di Aceh.
 
"Di tingkat kabupaten/kota, ini Kampung KB yang pertama. Setelah dicanangkan, kami berharap kegiatan KB dan pembinaan keluarga di Gampong Krueng Raya dimaksimalkan. Kami pun menginstruksikan adanya evaluasi secara berkala pelaksanaan kegiatan di kampung ini," kata dia seperti dilansir Antara, Minggu (21/2/2016).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Di Kampung KB terdapat rumah sehat yang merupakan tempat keluarga, terutama ibu-ibu, mengembangkan program bina keluarga balita, bina keluarga remaja, dan bina keluarga lansia. Sehingga, setiap keluarga secara optimal melaksanakan delapan fungsi keluarga.
 
Surya menjelaskan target dari program ini adalah terciptanya keluarga sejahtera, kampanye membina anak, dan kampanye menjadi orang tua hebat pada 1.000 kehidupan pertama. "Berkaitan dengan kependudukan, soal kuantitas dikendalikan dan kualitas ditingkatkan," kata dia.
 
Surya menambahkan, pelaksanaan program Kampung KB selaras dengan tiga agenda pembangunan pemerintah, yakni membangun Indonesia dari pinggiran, meningkatkan kualitas hidup, dan revolusi karakter bangsa.
 
Sedangkan untuk target jangka panjang dari program Kampung KB ini, kata Surya, pada 2020 hingga 2030 nanti diharapkan kualitas karakter dan kompetensi manusia Indonesia bisa meningkat sesuai dengan poin nomor 5 Nawa Cita Jokowi-JK.
 
Adapun jumlah penduduk di Gampong Krueng Raya saat ini sebanyak 1.795 jiwa. Jumlah tersebut terdiri dari 855 warga laki-laki dan 940 warga perempuan. Kampung ini memiliki lima RW dengan mayoritas penduduk bermata pencaharian nelayan, petani, dan pedagang.
 

(UWA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif