Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Saleh Partaonan Daulay (Foto:Dok.DPR RI)
Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Saleh Partaonan Daulay (Foto:Dok.DPR RI) (Anggi Tondi Martaon)

Pemkab Langkat Didesak Evaluasi Sektor Ketenagakerjaan

berita dpr
Anggi Tondi Martaon • 02 Juli 2019 17:55
Jakarta: Menindaklanjuti peristiwa kebakaran pabrik korek api milik PT Kiat Unggul di Kecamatan Binjai, Langkat Sumatera Utara, Komisi IX DPR menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Langkat.
 
Rapat tersebut turut dihadiri Kapolda Provinsi Sumatera Utara Agus Andrianto, Kepala Dinas Ketenagakerjaan Provinsi Sumatera Utara Harianto Butar Butar, Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Langkat Rajanami, dan Pengawas Ketenagakerjaan Provinsi Sumatera Utara Fransisco Bangun.
 
Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Saleh Partaonan Daulay dalam rapat tersebut menyampaikan bahwa pihaknya mendesak agar Pemkab Langkat mengevaluasi pengawasan implementai regulasi ketenagakerjaan, yaitu terkait  Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Komisi IX mendesak Pemkab Langkat mengevaluasi pengawasan perlindungan pekerja anak. Upah pekerja di bawah ketentuan peraturan perundang-undangan juga harus mendapatkan perhatian," kata Saleh, dikutip Dpr.go.id, Selasa, 2 Juli 2019.
 
Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara juga diminta mendata usaha, khususnya usaha rumahan yang menggunakan bahan berbahaya dalam proses produksinya. Hal itu perlu dilakukan untuk meningkatkan pengawasan agar kejadian serupa tidak terulang.
 
Selain itu, Komisi XI juga akan terus memantau perkembangan kasus kebakaran yang menelan 30 korban jiwa itu hingga tuntas agar proses hukum dan pemberian santunan kepada keluarga korban sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
 

(ROS)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif