Prajurit TNI Kodim 0116/Nagan Raya berusaha memadamkan api yang membakar lahan gambut dengan alat seadanya. (ANT/SYIFA YULINNAS)
Prajurit TNI Kodim 0116/Nagan Raya berusaha memadamkan api yang membakar lahan gambut dengan alat seadanya. (ANT/SYIFA YULINNAS) (Antara)

Kebakaran Lahan di Aceh Barat Mencapai 35 Hektare

kebakaran lahan
Antara • 08 Juli 2019 14:42
Meulaboh: Kebakaran lahan di dua kecamatan di Kabupaten Aceh Barat, Aceh, kembali meluas. Luas lahan yang terbakara diperkirakan mencapai 35 hektare. 
 
Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) menyebut kebakaran terjadi di Desa Seuneubok, Kecamatan Johan Pahlawan, dengan luas lahan yang terbakar sekitar 10 hektare. Kemudian Desa Napai dan Desa Blang Cot Rubek, Kecamatan Woyla Barat, dengan luas kebakaran lahan sekitar 35 hektare.
 
"Saat ini semua tim Pusdalops BPBD Aceh Barat, bersama TNI, Polri, TRC, dan relawan RAPI masih berada di lokasi untuk memadamkan api," kata Kepala Pelaksana BPBD Aceh Barat, Mukhtaruddin di Meulaboh, Aceh, Senin, 8 Juli 2019. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia menerangkan sejumlah armada pemadam kebakaran termasuk pompa air dikerahkan ke lokasi. Sebaran api diharapkan tidak meluas ke kawasan lainnya.
 
Upaya pemadaman masih berlangsung. Namun, teriknya cuaca menyebabkan petugas pemadaman kewalahan, karena suhu udara di sekitar lokasi kebakaran meningkat. 
 
"Saya masih menunggu data terbaru dari petugas di lapangan, karena setiap saat perkembangannya harus diperbaharui," imbuhnya. 
 
Anggota Pusdalops BPBD Aceh Barat, Asrajuddin, mengatakan pihaknya masih memadamkan api di sejumlah lahan gambut yang terbakar di dua kecamatan itu. Pihaknya menduga, penyebab kebakaran karena musim kemarau yang terjadi di wilayah tersebut. 
 

(LDS)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif