Ilustrasi - Medcom.id.
Ilustrasi - Medcom.id. (Rudi Kurniawansyah)

Pemadaman Karhutla Riau Fokus di Rokan Hilir dan Dumai

kebakaran hutan
Rudi Kurniawansyah • 04 Juli 2019 19:05
Pekanbaru: Satgas siaga darurat kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) Riau masih berusaha memadamkan api yang terus meluas. Saat ini, fokus pemadaman tim satgas darat dan helikopter water bombing bantuan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BPBD) Pekanbaru di wilayah Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) dan Kota Dumai.
 
"Pemadaman lanjutan dilakukan Jalan H Imam Munandar, Dusun Suka Maju RT06/RW01, Kepenghuluan Teluk Bano II, Kecamatan Pekaitan, Kabupaten Rokan Hilir. Luasan sekitar 40 hektare (Ha) dengan melibatkan 20 personel Polri, 10 personel TNI dan 10 masyarakat. Peralatan menggunakan empat mini streker dan dua helikopter waterbombing BNPB," ungkap Wakil Komandan Satgas Siaga Darurat Karhutla Riau Edwar Sanger kepada Media Indonesia di Pekanbaru, Kamis, 4 Juli 2019.
 
Edwar menjelaskan, selain di Rohil, pihaknya juga melaksanakan pemadaman di Jalan Keluarga Gg. Mban Ginen RT09, Kelurahan Bukit Batrem, Kecamatan Dumai Timur, Kota Dumai. Luas lahan terbakar diperkirakan mencapai 0.5 Ha dengan melibatkan tiga personel TNI dan lima Manggala Agni.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Di Dumai pemadaman baru masuk hari pertama. Tim melakukan penanganan secara cepat agar kebakaran tidak terus meluas," jelasnya.
 
Dia mengungkap, selain di Teluk Bano II, kebakaran di Kabupaten Rokan Hilir juga tersebar di sejumlah lokasi lainnya. Seperti di Desa Apaian, Kepenghuluan Kota Parit, Kecamatan Simpang Kanan seluas 50 Ha. Hingga kini, tim satgas darat terdiri dari TNI dan Polri dibantu masyarakat masih melakukan pemadaman. Kebakaran juga meluas di Desa Sei Gajah, Teluk Nilap, Kecamatan Kubu, Kabupaten Rohil yang meluas menjadi 30 Ha dari sebelumnya 20 Ha.
 
Edwar menerangkan, luas karhutla di Riau telah menghanguskan sekitar 3.211,09 Ha lahan yang tersebar di 12 kabupaten/kota. Daerah yang terluas terbakar berada di Bengkalis yakni seluas 1.426,83 Ha. 
 
Disusul Rohil seluas 606,25 Ha, Siak 348,35 Ha, Dumai seluas 268,25 Ha, Meranti seluas 232,7 Ha, Indragiri Hilir seluas 118,6 Ha, Pelalawan 90 Ha, Indragiri Hulu seluas 71,5 Ha, Kampar 64,1 Ha, Pekanbaru 46,51 Ha, dan Rokan Hulu (Rohul) seluas 2 Ha.
 
"Daerah yang paling banyak terbakar merupakan wilayah pesisir timur Riau," ujar Edwar.
 
Dia mengatakan, proses pemadaman diperkuat oleh tim satgas udara sebanyak 14 helikopter dan satu pesawat cassa untuk hujan buatan. Setiap hari tim satgas udara bersama tim satgas darat berkoordinasi melakukan upaya pemadaman di lokasi yang terdeteksi titik api.
 

(LDS)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif