Bayi kembar sial asal Binjai yang memiliki dua kepala, satu badan serta sepasang kaki dan sepasang tangan meninggal - MTVN/Farido Noris.
Bayi kembar sial asal Binjai yang memiliki dua kepala, satu badan serta sepasang kaki dan sepasang tangan meninggal - MTVN/Farido Noris. (Farida Noris)

Bayi Kembar Siam Dempet Badan Asal Binjai Meninggal Dunia

kembar siam
Farida Noris • 07 Mei 2017 00:58
medcom.id, Medan: Bayi kembar siam yang mendapat perawatan di RSUP H Adam Malik Medan meninggal dunia, Sabtu, 6 Mei 2017. Kondisi bayi asal Kota Binjai itu terus menurun lantaran mengalami sesak nafas. 
 
"Benar, bayi kembar siam dua kepala satu badan meninggal dunia sekitar jam 16.00 WIB tadi. Dari awal keadaan umumnya tidak begitu baik. Kemungkinan besar berhubungan dengan kelainan jantung bawaan," ucap dr Rizki Adriansyah SpA(K) selaku Sekretaris Tim Penanganan Bayi Kembar Siam, Sabtu 6 Mei 2017. 
 
Rizki menyebut bayi laki-laki, anak dari orangtua berinisial D ini, mengalami kelainan jantung bawaan yang membuat kondisinya tidak stabil. Kelainan jantung serta kondisi kepala berhimpit satu dengan yang lain menyebabkan bayi susah bergerak.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Problem ini sudah dipresiksi dari awal. Bayi hanya bertahan di atas satu bulan. Itu sudah diberikan penanganan optimal. Untuk infeksinya juga sudah ditangani. Memang agak berat. Kalau bayinya normal, itu perlu operasi jantung segera. Tapi dengan kelainan jantung seperti itu, berhimpit satu kantong, itu agak sulit, ditambah lagi kondisi kepala dua," beber dia. 
 
Sebelumnya, bayi kembar siam asal Kota Binjai itu mendapat perawatan di Ruang Rawat Inap Anak Rindu B Perinatologi RSUP H Adam Malik Medan sejak 28 Maret 2017. Bayi kembar siam berjenis kelamin laki-laki ini dirujuk oleh rumah sakit di Binjai. 
 
"Tim medis telah memberikan penanganan optimal serta melakukan tindakan operasi anus. Meninggal bersamaan. Kita lihat jantungnya dua, mereka saling berhubungan. Artinya kalau yang satu selesai, yang lain ikut," tambah dia. 
 
Sementara itu, bayi kembar siam lainnya asal Kisaran dengan dempet di bagian tulang dada dan bagian perut depan, masih mendapat perawatan di Ruang Rawat Inap Anak Rindu B Perinatologi RSUP H Adam Malik Medan. 
 
Bayi berjenis kelamin perempuan anak dari orangtua berinisial A ini masuk ke RSUP H Adam Malik Medan pada 24 Maret 2017. Kondisi bayi masih stabil. Hanya saja terdapat lobang kecil di bagian jantung. Operasi pemisahan bayi, masih memungkinkan dengan tingkat keberhasilan 80 persen. 
 

(REN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif