Ilustrasi. Sejumlah warga berkumpul di tepi pantai untuk menyaksikan gerhana matahari total (GMT) di pantai Terentang, Bangka Tengah , Bangka Belitung, Rabu (9/3). ANTARAFOTO/Anis Efizudin.
Ilustrasi. Sejumlah warga berkumpul di tepi pantai untuk menyaksikan gerhana matahari total (GMT) di pantai Terentang, Bangka Tengah , Bangka Belitung, Rabu (9/3). ANTARAFOTO/Anis Efizudin. (Yogi Bayu Aji)

Terbesar, Kacamata Gerhana Bangka Tengah Raih Rekor MURI

gerhana matahari total
Yogi Bayu Aji • 09 Maret 2016 18:28
medcom.id, Koba: Kacamata khusus untuk melihat gerhana matahari di Kabupaten Bangka Tengah, Bangka Belitung, mencatatkan rekor di Museum Rekor Indonesia (MURI). Pasalnya, ukuran kacamata itu dinilai yang terbesar.
 
"Ini kacamata gerhana terbesar di Indonesia dan bahkan mungkin dunia, maka masuk rekor MURI," kata Osmar dari MURI, di Koba, Bangka Tengah, Rabu (9/3/2016).
 
Ia menjelaskan, Bangka Tengah pertama kali mencetuskan ide dan membuat kacamata paling besar untuk melihat gerhana matahari. Sementara, belum ada wilayah lain yang melakukan hal serupa. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Daerah lain belum ada yang membuat kacamata terbesar, baru Bangka Tengah yang melakukan karena gerhana matahari sebelumnya tidak pernah ada," ujar dia. 
 
Dia mengungkapkan, tak hanya ukuran yang dinilai dalam rekor ini. Standar kacamata dan kapasitas orang yang melihatnya juga menjadi tolak ukur.
 
"Semua kriteria itu sudah dipenuhi dan Bangka Tengah berhak mendapatkan rekor MURI," terang Osmar.
 
Ia menegaskan, cetusan ide membuat kacamata gerhana matahari terbesar itu sangat bagus sehingga bisa dimanfaatkan banyak orang. Terlebih, kacamata ini masih dapat digunakan kembali.
 
"Kacamata gerhana itu saya lihat dipasang di pinggir pantai dan masyarakat bebas melihat dari balik kacamata besar tersebut," pungkas dia. (Antara)
 
 

(OGI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif