Ilustrasi/Medcom.id.
Ilustrasi/Medcom.id. (Rendy Ferdiansyah)

28 Kecamatan di Babel Terancam Krisis Air Bersih

kemarau dan kekeringan
Rendy Ferdiansyah • 11 Juli 2019 15:18
Bangka Belitung: Sebanyak 28 Kecamatan di Provinsi Bangka Belitung (Babel) berpotensi mengalami kekeringan. Hal itu mengakibatkan masyarakat terancam mengalami krisis air bersih.
 
Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Bangka Belitung (Babel) Mikron Antariksa mengatakan, 28 kecamatan tersebar di Pangkal Pinang dengan satu kecamatan, Bangka Barat empat kecamatan, dan Bangka Tengah enam kecamatan. Sementara itu, Bangka terdiri dari delapan kecamatan, Belitung dua kecamatan, Belitung Timur lima kecamatan, dan Bangka Selatan dua kecamatan.
 
"Totalnya terdapat 28 kecamatan sedangkan untuk luas daerah yang berpotensi kekeringan itu dengan luas sekitar  550,741 hektare," kata Mikron di Pangkal Pinang, Babel, Kamis, 11 Juli 2019. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dari 28 kecamatan tersebut, menurut Mikron Bangka, yang paling luas wilayahnya adalah Kabupaten Bangka terbanyak.
 
"Untuk jumlah jiwa yang terkena dampak kekeringan ini mencapai 1.024.853 jiwa. Ini kan baru potensinya ancaman kekeringan, berdasarkan kajian ada 1 juta jiwa lebih," jelas Mikron.
 
Untuk mengantisipasi potensi kekeringan tersebut, pihak Pemerintah Daerah Babel telah berkodinasi dengan pemerintah daerah tingkat kota dan kabupaten dengan melakukan berbagai upaya yakni penyiadaan tangki air, pendalaman sumur bor, dan pemanfaatan air kolong eks tambang timah.
 
"Kita sudah berkoordinasi dengan pemda-nya masing-masing apakah itu penyediaan tangki air bersih, atau pendalam sumur atau pemanfaatan air kolong eks penambang timah," tutur Mikron.
 
Selain itu, pihaknya juga meminta BPBD masing-masing kabupaten membantu pasokan air dengan mengirimkan armada mobil tanki air. Dengan pengerahan armada tanki air, berharap kebutuhan air bersih untuk masyarakat bisa dipenuhi. 
 

(ALB)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif