Pengunjung berada di lubang tambang
Pengunjung berada di lubang tambang "Mbah Suro", di kota Sawahlunto, Sumatra Barat, Jumat (28/8) ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra (ant)

Status Ombilin Sebagai Warisan Dunia akan Untungkan Sumbar

unesco
ant • 08 Juli 2019 15:06
Padang: Penetapan Ombilin Coal Mining Heritage of Sawahlunto sebagai Warisan Dunia UNESCO diyakini akan berpengaruh positif terhadap pariwisata di Sumatra Barat. Hal itu dikatakan Kepala Dinas Pariwisata Sumbar, Oni Yulfian.    
 
"Pascapenetapan, akan banyak yang mencari tahu tentang Ombilin. Ini akan menjadi promosi yang sangat luar biasa, tidak hanya untuk Sawahlunto tetapi juga Sumbar," katanya di Padang, Senin, 8 Juli 2019. 
 
Menurutnya, promosi adalah bagian paling penting dari pengembangan pariwisata yang harus dilakukan. "Ombilin Coal Mining Heritage of Sawahlunto mengambil peran sangat besar untuk itu," ujarnya.    

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Sebelumnya, kita sudah punya Tour de Singkarak (TdS) yang gaungnya juga sudah sampai ke dunia internasional. Sekarang ditambah dengan warisan budaya dunia. Mudah-mudahan efek positifnya segera bisa dirasakan," imbuh dia. 
 
Baca: Ombilin Sawahlunto Ditetapkan Jadi Warisan Dunia UNESCO  
 
Tambang Batu Bara Ombilin Sawahlunto akhirnya ditetapkan sebagai Warisan Dunia UNESCO pada Sesi ke-43 Pertemuan Komite Warisan Dunia di Baku, Azerbaijan.
 
Pertemuan ini merupakan acara rutin tahunan Komite Warisan Dunia yang dimandatkan oleh Konvensi Perlindungan Warisan Budaya dan Alam Dunia.
 
Tahun ini, terdapat 36 situs yang dinominasikan untuk masuk daftar Warisan Dunia. Terletak di Sumatera Barat, Tambang Batu Bara Ombilin Sawahlunto merupakan sisa-sisa industri pertambangan di era kolonialisme. 
 
Penetapan Warisan Tambang Batubara Ombilin Sawahlunto sebagai warisan dunia tersebut disaksikan oleh Duta Besar RI untuk Azerbaijan Husnan Bey Fananie, Deputi Wakil Tetap RI untuk UNESCO Surya Rosa Putra, Gubernur Sumbar Irwan Prayitno, dan Wali Kota Sawahlunto Deri Asta.
 
"Terima kasih atas keputusan komite untuk menginskripsi Warisan Budaya Tambang Batu Bara Ombilin Sawahlunto ke dalam daftar Warisan Dunia. Situs ini merupakan warisan budaya yang benar-benar signifikan bagi masyarakat Indonesia dan juga dunia," kata Husnan, dalam keterangan tertulis yang diterima Medcom.id, Minggu 7 Juli 2019.
 
Menjadi bagian dari sejarah dan perkembangan budaya Sumatera Barat, Ombilin Sawahlunto dianggap memenuhi kriteria internasional untuk dijadikan warisan dunia.
 
Warisan Tambang Batubara Ombilin Sawahlunto pantas diposisikan sebagai warisan dunia karena konsep tiga serangkai yang dicetuskan oleh pemerintah Belanda pada masa itu. Tiga serangkai meliputi industri pertambangan batubara di Sawahlunto, yang selanjutnya dibawa keluar Sawahlunto dengan menggunakan transportasi kereta api melalui wilayah Sumatera Barat, dan sistem penyimpanan di Silo Gunung di Pelabuhan Emmahaven, atau Teluk Bayur sekarang.

 

(ALB)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif