Pemda Dirikan Posko Penanganan Dampak Puting Beliung
Atap sebuah rumah terbang disapu angin puting beliung di Bogor Selatan, Kamis, 7 Desember 2018, Medcom.id - Rizky Dewantara
Bogor: Angin puting beliung merusak kurang lebih 770 rumah di Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor, Jawa Barat. Pemerintah setempat pun mendirikan posko untuk memudahkan mobilisasi bantuan kepada warga.

Camat Bogor Selatan Sujadmiko mengatakan kerusakan beragam mulai dari berat hingga ringan. Kerusakan paling banyak ditemukan di Kelurahan Cipaku, Pamoyanan, Batu Tulis, dan Lawang Gintung.

"Total ada enam kelurahan yang terdampak," kata Sujadmiko, Kamis, 6 Desember 2018, malam.


Kerusakan paling banyak yaitu atap rumah beterbangan. Warga pun mengungsi ke masjid-masjid terdekat.

Baca: Puluhan Rumah di Bogor Rusak Diterjang Puting Beliung

"Kami juga sudah mendirikan posko dengan tenda bantuan Polresta Bogor untuk memudahkan mobilisasi bantuan dan informasi warga," ujar Sujadmiko.

Puting beliung terjadi sekitar pukul 15.30 WIB. BMKG Stasiun Klimatologi mencatat kecepatan angin mencapai 30 knot (50 kilometer per jam).  Angin menyapu pemukiman, atap rumah dan beberapa benda beterbangan.

Hujan deras turun. Petir menggelegar.

"Saya sedang ada di lantai atas rumah. Tiba-tiba bunyi 'gluduk'. Atap rumah langsung beterbangan, saya lari ke luar rumah dengan anak-anak," kata Ika Solihat, 31, warga Jalan Saleh
Danasasmita Cipaku.  

Lihat video:
 



(RRN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id