Ilustrasi/Medcom.id.
Ilustrasi/Medcom.id. (Octavianus Dwi Sutrisno)

Polisi Ungkap Kronologi Ayah Tiri Banting Balita Hingga Tewas

penyiksaan anak
Octavianus Dwi Sutrisno • 11 Februari 2019 14:59
Depok: Polisi terus mendalami kasus seorang ayah tiri yang tega membanting putrinya berkali-kali hingga tewas. pelaku bernama Heri Kurniawan kini telah mendekam dibalik jeruji.
 
"Tersangka kita tangkap pada Jumat, 8 Februari 2019 di kontrakannya Kampung Cimpaeun Kecamatan Tapos kota Depok. Sesaat setelah petugas melakukan olah TKP," kata Kasubag Humas Polresta Depok, AKP Firdaus, Senin 11 Februari 2019.
 
Firdaus menuturkan, berdasarkan interogasi awal, tersangka mengaku tersulut emosi akibat cekcok mulut dengan istrinya (ibu korban), yang kemudian dilampiaskan kepada korban.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Jadi korban yang merupakan anak tirinya ini, sedang duduk di dalam kontrakan lalu oleh tersangka yang sedang emosi mengangkat dan membantingnya ke lantai pada Selasa 5 Februari 2019 lalu," bebernya.
 
Baca: Balita Tewas Dibanting Ayah Tiri
 
Akibatnya, menurut Firdaus balita malang itu mengalami panas tinggi selama beberapa hari. Hingga akhirnya, korban kejang-kejang.
 
"Sempat dibawa ke rumah sakit, namun tidak tertolong. Tubuh korban mengejang dan meninggal dunia," terangnya.
 
Firdaus menjelaskan, tersangka yang berprofesi sebagai pengamen jalanan tersebut kini telah mendekam dibalik jeruji besi Mapolsekta Cimanggis. Atas perbuatannya, Hari Kurniawan diganjar Pasal 80 ayat 2,3,4 UU RI No. 35 thn 2014 tentang Perlindungan Anak jo 351 ayat 3 KUHP atas perbuatan pidana Penganiayaan Terhadap Anak Dibawah Umur hingga meninggal.
 
"Sebelum menangkap tersangka, kita juga mengumpulkan tiga orang saksi yaitu ibu korban dan dua tetangga kontrakan," pungkasnya.
 
Ketua RT 01, RW 09 Romi menuturkan penyiksaan itu awalnya diketahui oleh tetangga sebelah kamar kontrakan, yang sempat mendengar korban menangis, dan langsung datang melapor kepadanya. 
 
"Jadi tetangganya Ibu Latifah ini datang dan mengatakan, dengar suara tangisan bayi dari sebelah kamarnya. Saya langsung datang dan memeriksa, ternyata sudah tidak bernyawa," kata Romi, Senin, 11 Februari 2019.
 
Romi menuturkan, dari keterangan wanita tersebut diketahui korban sempat mengalami penganiayaan oleh ayah tirinya yaitu Herry Setiawan, sekitar dua hari yang lalu. Mendengar informasi itu, dirinya urung memanggil petugas yang hendak memandikan jenazah.
 
Romi menegaskan dari pengamatannya korban mengalami beberapa luka lebam di bagian leher, pergelangan tangan dan paha. Dirinya mengaku telah membawa korban ke RS Polri Kramatjati Jakarta Timur, guna menjalani proses outopsi.
 
"Luka lebam kebanyakan di bagian paha, polisi juga mengamankan dua barang bukti salah satunya batang sapu ijuk," tegasnya.
 
 

(ALB)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi