Konsumen membawa barang yang telah dibeli menggunakan kantong plastik di salah satu minimarket di Palmerah, Jakarta, Minggu (21/2). Foto:  MI/ARYA MANGGALA.
Konsumen membawa barang yang telah dibeli menggunakan kantong plastik di salah satu minimarket di Palmerah, Jakarta, Minggu (21/2). Foto: MI/ARYA MANGGALA. (Patricia Vicka)

Kebijakan Kantong Plastik Berbayar Belum Merata di Yogyakarta

kantong plastik berbayar
Patricia Vicka • 22 Februari 2016 20:22
medcom.id, Yogyakarta: Kebijakan kantong plastik berbayar belum serempak diterapkan di seluruh toko modern Kota Yogyakarta, DIY.
 
Pantauan Metrotvnews.com, minimarket di Jalan Brigjen Katamso, Yogyakarta, belum memasang tarif untuk pemakaian kantong plastik. Namun informasi soal rencana kantong plastik berbayar sudah disediakan oleh pihak managemen di bagian kasir.
 
Pengumuman tersebut berbentuk banner mini yang bertuliskan Indonesia Bebas Sampah 2020. Diet Kantong Plastik. Kantong Kresek Berbayar Rp200.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Salah seorang pegawai minimarket Didik Agus mengatakan, belum ada instruksi dari pengelola untuk menerapkan kantong plastik berbayar. Para karyawan hanya diminta mensosialisasikan soal hemat plastik.
 
"Kami belum menerapkan kebijakan kantong berbayar, tapi kami sosialisasikan dulu soal diet kantong plastik ke konsumen lewat tulisan," ujar Didik kepada Metrotvnews.com di Yogyakarta, Senin (22/2/2016).
 
Selain itu, supermarket yang terletak di Jalan Sultan Agung juga belum mengenakan biaya kantong plastik. Asisten Manager supermarket tersebut, Muhamad Ridwan, mengatakan pihaknya sempat mengadakan uji coba plastik berbayar pada Minggu, 21 Februari. Namun kebijakan tersebut tak diberlakukan lagi pada Senin, 22 Februari.
 
"Kemarin diberlakukan, tapi konsumen banyak yang mengeluh. katanya ini akal-akalan Superindo saja. Akhirnya kami hentikan sementara sampai ada surat lagi dari Superindo pusat," kata Ridwan.
 
Ridwan mengaku masih menunggu pemberitahuan dari Pusat untuk menerapkan kebijakan tersebut.
 
Lain halnya dengan minimarket yang terletak di jalan D.I. Pandjaitan Yogyakarta. Uji coba kantong plastik berbayar sudah diterapkan sejak Minggu, 21 Februari. Sebelum membebankan biaya, petugas kasir memberikan informasi adanya tambahan biaya Rp200.
 
"Pembeli kami tawarkan mau memakai plastik dari kami dan membayar dua ratur rupiah atau tidak memakai plastik," beber petugas kasir, Wasis E.S.
 
Sementara itu Hypermart Lippo Plaza juga sudah menerapkan ujicoba plastik berbayar. Pengumuman soal plastik berbayar dari Kementerian Lingkungan Hidup sudah ditempel dibeberapa sudut kasir dan meja informasi sejak Sabtu 20 Februari.
 
Kebijakan penggunaan kantong plastik berbayar upaya mewujudkan misi Indonesia bersih 2020. Kebijakan itu menyusul keluarnya SE Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Nomor S.71/MENLHK-II/2015 pada 21 Februari 2015.
 
Dalam SE tersebut, menteri meminta pemerintah daerah baik provinsi maupun kabupaten dan kota, termasuk produsen serta pelaku usaha melakukan langkah simultan dalam pengurangan dan penanganan sampah plastik.
 
 

(DEN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif