Mayoritas Jip Tur Merapi Bermasalah pada Roda dan Rem

Ahmad Mustaqim 21 Juni 2018 17:38 WIB
kecelakaan
Mayoritas Jip Tur Merapi Bermasalah pada Roda dan Rem
Sebuah mobil jip beroperasi dalam kegiatan tur di lereng Gunung Merapi, Rabu, 20 Juni 2018, Medcom.id - Mustaqim
Sleman: Dinas Perhubungan Sleman, DI Yogyakarta, mengecek 13 mobil jip yang mengoperasikan jasa tur di lereng Gunung Merapi. Namun, hanya 2 dan 3 jip yang memenuhi standar layak beroperasi dalam tur bertema Jeep Lava Tour.

Menurut Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan Sleman Sulton Fatoni mengatakan pengecekan dilakukan di beberapa pool. Masalah yang ditemukan pada roda dan rem jip. 

Baca: Jeep Lava Tour Diminta Dihentikan Sementara


"Kami lakukan cek di titik kumpul Jeep wisata dan sejumlah pool. Upaya persuasif sudah kami lakukan, tapi ternyata masih ada kejadian (kecelakaan)," kata Sulton di Sleman, Kamis, 21 Juni 2018.

Sulton lalu merekomendasikan pemilik kendaraan memperbaiki kerusakan. Sementara mobil yang tak bermasalah tetap layak beroperasi. 

Jeep Lava Tour, demikian nama kegiatan di lereng Merapi itu. Pada Selasa, 19 Juni 2018, kegiatan tersebut memakan korban. Satu penumpang tewas dan empat lainnya terluka saat berkendara dengan jip di Dusun Tangkisan, Desa Umbulharjo, Sleman.

Wisatawan yang meninggal tersebut atas nama Enny Fatmawati, 42, warga Bogor, Jawa Barat. Sementara, empat korban luka dibawa ke Rumah Sakit Panti Nugroho, Kecamatan Pakem. 



(RRN)