Bangunan fisik Bandara internasional Yogyakarta untuk minimum operasional penerbangan internasional. Medcom.id-Ahmad Mustaqim
Bangunan fisik Bandara internasional Yogyakarta untuk minimum operasional penerbangan internasional. Medcom.id-Ahmad Mustaqim (Ahmad Mustaqim)

Menhub Yakin NYIA Bakal Ramai

bandara
Ahmad Mustaqim • 24 April 2019 16:55
Kulon Progo: Bandara Internasional Yogyakarta atau New Yogyakarta International Airport (NYIA) diyakini bakal ramai. Alasannya, NYAI akan mendapat limpahan penumpang dari Bandara Adisutjipto yang kelebihan kapasitas. 
 
Bandara Adisutjipto melayani 7 juta penumpang per tahun. Padahal, bandara yang berbagi kegiatan penerbangan dengan TNI AU itu hanya berkapasitas 1,2 juta penumpang per tahun. 
 
"Di sini (Bandara Internasional Yogyakarta) tidak akan seperti itu. Kita sudah putuskan dua bandara ini akan beroperasi (di Yogyakarta, Bandara Adisutjipto dan NYIA)," ujar Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, saat meninjau pembangunan Bandara Internasional Yogyakarta, Kabupaten Kulon Progo, Rabu, 24 April 2019. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia mengatakan, dua bandara di Yogyakarta akan berbagi penumpang. Bandara Adisutjipto kemungkinan hanya melayani rute penerbangan domestik. Sementara, Bandara Kulon Progo untuk domestik dan internasional. 
 
Baca: Menhub Inginkan Jokowi Terbang Perdana di Bandara Kulon Progo
 
Bandara di Kecamatan Temon tersebut direncanakan akan beroperasi minimum pada akhir April 2019. Untuk pengerjaan operasional, kata Budi, sekitar 20 persen.
 
"Ini sekarang ada 38 take off landing. 18 x 500 orang," kata dia. 
 
Budi menuturkan, kereta api bandara kelak menyusul melengkapi transportasi pendukung. Sementara, penumpang bisa menggunakan Stasiun Yogyakarta, Stasiun Wates, serta Stasiun Wojo (Purworejo, Jawa Tengah). Akses dari Stasiun Wojo ke bandara bisa menggunakan bus dengan lama tempuh sekitar 10-15 menit. 
 
"Selain kereta api, kita juga siapkan bus DAMRI. Bus DAMRI bisa juga berhenti di terminal Giwangan," kata dia. 
 
Baca: Tiga Stasiun DIY Siap Dukung Operasi NYIA
 
General Manager Bandara Adisutjipto PT Angkasa Pura I, Agus Pandu Purnama, mengatakan Bandara Kulon Progo sudah siap untuk dilakukan penerbangan internasional. Ia mengatakan, ujicoba atau simulasi penerbangan juga dilakukan hari ini di bandara tersebut. 
 
"Kita tunggu, apakah keputusan menteri (perhubungan) terkait rencana inagurasi (pembukaan operasional minimum) pada 29 April," ujar Agus. 
 

(LDS)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif