Terpidana Abu Bakar Ba'asyir membacakan kesimpulannya pada sidang peninjauan kembali (PK) di Pengadilan Negeri Cilacap, Jawa Tengah. Foto: Antara/Idhad Zakaria..
Terpidana Abu Bakar Ba'asyir membacakan kesimpulannya pada sidang peninjauan kembali (PK) di Pengadilan Negeri Cilacap, Jawa Tengah. Foto: Antara/Idhad Zakaria.. (Mustholih)

Ganjar Yakin Pembebasan Abu Bakar Ba'asyir Berdampak Baik

abu bakar baasyir
Mustholih • 20 Januari 2019 17:09
Semarang: Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, setuju dengan keputusan Presiden Joko Widodo memberikan pembebasan bersyarat kepada Abu Bakar Ba'asyir.
 
Pendiri Pondok Pesantren Al-Mukmin, Ngruki, Surakarta, itu dinilai bisa turut berkontribusi dalam menciptakan suasana tenteram bagi masyarakat Indonesia.
 
"Tentu pembebasan bersyarat ini akan baik bagi Indonesia," kata Ganjar di Semarang, Jawa Tengah, Minggu, 20 Januari 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Abu Bakar Ba'asyir Sehat Jelang Bebas
 
Abu Bakar Ba'asyir merupakan terpidana kasus terorisme. Yang bersangkutan oleh Pengadilan diganjar hukuman 15 tahun penjara.
 
Menurut Ganjar, Pemerintah Provinsi Jateng tidak akan melakukan persiapan khusus apapun terkait kepulangan Abu Bakar Ba'asyir.
 
"Harapan kami, Abu Bakar Ba'asyir bisa pulang sampai di tempatnya dengan baik dan tidak ada sesuatu yang merespon negatif," ujar Ganjar menegaskan.
 
Ganjar mengaku tidak tahu pasti kapan Abu Bakar Ba'asyir resmi menghirup udara bebas. Sejauh ini, koordinasi Pemprov Jateng dengan institusi kepolisian tidak membahas detail kepulangan Ba'asyir.
 
"Karena yang begini ini pasti sudah ada prosedurnya. Contoh dulu mau ada eksekusi di Nusakambangan, kami bersama Kepolisian dan Forkompimda rapat bagaimana agar tidak terjadi hal yang negatif," jelas Ganjar.
 
Ganjar meyakini kebebasan Ba'asyir akan disambut gembira oleh banyak kalangan. "Mudah-mudahan semua akan bisa menyambut baik dan gembira. Semoga tidak ada hal-hal yang negatif," pungkas Ganjar.
 

(DEN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif