Caleg DPR RI Partai NasDem nomor 1 Dapil 2 Jateng Lestari Moerdijat akan memperjuangkan nama pemimpin Jepara tersebut. Medcom.id/Rhobi Shani (Rhobi Shani)
Caleg DPR RI Partai NasDem nomor 1 Dapil 2 Jateng Lestari Moerdijat akan memperjuangkan nama pemimpin Jepara tersebut. Medcom.id/Rhobi Shani (Rhobi Shani) (Rhobi Shani)

"Sudah Saatnya Ratu Kalinyamat Jadi Pahlawan Nasional"

pahlawan
Rhobi Shani • 01 Maret 2019 15:58
Jepara: Yayasan Dharma Bakti Lestari rupanya tak ingin main-main untuk mengusulkan Ratu Kalinyamat menjadi pahlawan nasional. Pihak yayasan telah mempersiapkan surat untuk dilayangkan ke Presiden Joko Widodo.
 
Perwakilan Yayasan Dharma Bakti Lestari, Lestari Moerdijat menyampaikan, pihaknya mengajak pemerintah kabupaten dan warga Jepara menggelorakan kembali usulan gelar Pahlawan Nasional untuk Ratu Kalinyamat. Sebelumnya, usulan serupa pernah disampaikan sejumlah pihak namun gagal. 
 
"Mari bersama-sama menggelorakan kembali usulan pemberian gelar Pahlawan Nasional ini dan mengingatkan semua pihak, bahwa sudah sepantasnya dan sudah saatnya gelar Pahlawan Nasional diberikan kepada Ratu Kalinyamat," kata perempuan yang biasa disapa Mbak Rerie, Jumat, 1 Maret 2019

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Ratu Kalinyamat Diusulkan Jadi Pahlawan Nasional
 
Surat usulan telah dilayangkan kepada presiden melalui Kementerian Sosial. Meski begitu, bukti-bukti pendukung masih terus dikumpulkan dari berbagai pihak dan masyarakat.
 
"Forum diskusi seperti ini juga akan kami gelar di sejumlah kota. Puncaknya nanti di Jakarta," kata Rerie.
 
Dikisahkan Rerie, Ratu Kalinyamat lahir dengan nama Retna Kencana. Yaitu salah satu putri dari Raja Demak Trenggana yang berkuasa pada 1521-1546 Masehi. Sekaligus cucu dari Raden Patah, pendiri kerajaan islam pertama di Jawa, Demak
 
"Ratu Kalinyamat dinobatkan menjadi penguasa Jepara pada 10 April 1549 setelah suaminya, Pangeran Hadiri, wafat," kata Rerie
 
Meski menjadi penguasa, Ratu Kalinyamat tak melupakan kodratnya sebagai perempuan. Lantaran tak memiliki anak dari perkawinannya dengan Pangeran Hadiri, Ratu Kalinyamat lalu mengasuh sejumlah anak angkat. Itu seperti adik bungsunya sendiri, sepupu, keponakan, hingga putri Sultan Cirebon.
 
"Ratu Kalinyamat ini tidak hanya cantik, tapi juga cerdas. Pengetahuan beliau luas, memiliki jiwa kepemimpinan yang andal dan piawai berdiplomasi," ungkap Rerie.
 
Selain menjadi tokoh sentral dalam penyelesaian konflik di tubuh Kesultanan Demak, Ratu Kalinyamat sukses membawa Jepara ke puncak kejayaannya. Beliau sukses menjadikan Jepara sebagai pusat perdagangan dan pusat kekuatan militer. Pelabuhan yang ada di Jepara menjadi pelabuhan utama bagi ekspor impor dan membangun pelabuhan penyokong di sekitar Jepara.
 
Rerie menambahkan, pemikiran, gagasan, dan sepak terjang Ratu Kalinyamat harus diakui sudah melampui zamannya. Ratu Kalinyamat memiliki visi dan misi yang jauh ke depan. Yaitu poros maritim dunia. 
 
Kini konsep penting Indonesia sebagai poros maritim dunia yang kembali digaungkan Presiden Joko Widodo. Bila dicermati, sesungguhnya dasar-dasarnya telah diletakkan dan dilakukan Ratu Kalinyamat. 
 
"Memperhatikan dan menimbang itu semua, sudah sepantasnyalah gelar Pahlawan Nasional diberikan kepada Ratu Kalinyamat," tandas Rerie.
 

(ALB)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:26
  • SUBUH04:36
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif