Kondisi jembatan Plompong ambruk diterjang deras air sungai Kali Keruh, di Brebes, Jawa Tengah. Medcom.id/Kuntoro Tayubi
Kondisi jembatan Plompong ambruk diterjang deras air sungai Kali Keruh, di Brebes, Jawa Tengah. Medcom.id/Kuntoro Tayubi (Kuntoro Tayubi)

Brebes Pinjam Jembatan Darurat Sambung Jalur Putus

jembatan putus
Kuntoro Tayubi • 23 Januari 2019 11:14
Brebes: Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Brebes meminjam jembatan darurat (bailey) ke Pemerintah Provinsi Jawa Tengah. Bailey tersebut untuk mengganti sementara Jembatan Plompong yang roboh, Senin sore, 21 Januari 2019 dan menyebabkan jalur terputus.
 
“Dampak robohnya jembatan ini, warga harus melalui jalur memutar melewati jalur Cilibur-Bumiayu dengan selisih jarak 6-8 kilometer lebih jauh,” kata Kepala BPBD Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, Nushy Mansyur, Rabu, 23 Januari 2019.
 
Nushy telah berkomunikasi dengan BPBD dan Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Jateng untuk peminjaman jembatan bailey. Jembatan bailey milik Pemprov Jateng saat ini berada di Salem.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Penanganan darurat dengan jembatan bailey dianggap lebih aman daripada menggunakan jembatan bambu. Kondisi sungai rawan banjir sangat riskan bagi jembatan darurat berbahan bambu.
 
“Masyarakat untuk bersabar. Bagi warga yang bepergian ke luar desa, diharapkan melalui jalur Plompong-Cilibur-Bumiayu, lebih aman digunakan,” kata dia.
 
Kepala DPU Kabupaten Brebes, Achmad Satibi, mengatakan jembatan baru yang dibangun tahun 2017 akan dilanjutkan tahun 2019 ini. Anggaran yang dibutuhkan mencapai Rp9 miliar.
 
Baca: Jembatan Kali Keruh Putus Diterjang Banjir Bandang
 
Jembatan antardesa yang jadi akses utama masyarakat Desa Plompong, Kecamatan Sirampog, Kabupaten Brebes, putus diterjang derasnya arus Kali Keruh. Material jembatan tergerus air sungai dan hanyut terbawa air yang bercampur batu Senin petang, 21 Januari 2019, sekitar pukul 17.00 WIB.
 
Ambruknya jembatan berdampak pada kegiatan ekonomi dan pendidikan. Warga juga kesulitan untuk mengurus administrasi kependudukan di kantor kecamatan. Warga harus memutar lewat Cilibur-Bumiayu dengan selisih jarak 6-8 kilometer.
 

(SUR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:25
  • SUBUH04:35
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif