KA Bandara YIA. (Medcom.id/Patricia Vicka) (Patricia Vicka)
KA Bandara YIA. (Medcom.id/Patricia Vicka) (Patricia Vicka) (Ardi Teresti Hardi)

Tarif Promo KA Bandara YIA Berlaku Sampai Besok

kereta bandara bandara
Ardi Teresti Hardi • 08 Mei 2019 12:15
Yogyakarta: PT Kereta Api Indonesia (KAI) memberlakukan tarif promo KA Bandara Yogyakarta International Airport (YIA) sebesar Rp15 ribu untuk keberangkatan. Tarif promo dimulai sejak 6 Mei 2019 sampai 9 Mei 2019, besok. 
 
"Angkutan KA Bandara Internasional Yogyakarta ini kami maksudkan agar masyarakat dapat mengandalkannya sebagai moda transportasi terintegrasi, sehingga perjalanan lebih nyaman dan tepat waktu,"  kata Direktur Utama KAI Edi Sukmoro, Rabu, 8 Mei 2019. 
 
Edi menerangkan, setelah tarif promo berakhir, akan berlaku tarif normal. Dia menyebut tarif KA Bandara YIA sama dengan tarif KA Solo Ekspress. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Rp30 ribu untuk 66 kilometer dan jarak lebih dari 66 kilometer dikenakan tarif Rp40 ribu," ungkapnya. 
 
KA Bandara YIA memulai rute Stasiun Maguwo-Wojo atau sebaliknya. KA ini akan berhenti di empat stasiun yaitu Maguwo, Yogyakarta, Wates, dan Wojo. KA ini menempuh jarak 49,1 kilometer dengan durasi perjalanan selama 47-51 menit. 
 
Dia melanjutkan, sesampainya di Stasiun Wojo, penumpang dapat menggunakan bus Damri untuk menuju YIA. Dengan jarak 6 kiomter, perjalanan dari Stasiun Wojo dapat ditempuh selama 10 hingga 12 menit. 
 
Edi mengungkap Damri pun masih menggratiskan tarif ke YIA hingga 12 Mei mendatang. Setelah 12 Mei, penumpang akan dikenakan tarif Rp10 ribu. 
 
Jadwal perjalanan KA Bandara Internasional Yogyakarta berangkat dari Stasiun Maguwo pukul 10.49 WIB dan tiba di Stasiun Wojo pukul 11.26 WIB.
 
KA Bandara akan berhenti pertama di Stasiun Yogyakarta dan Wates. Setelah sampai Stasiun Wojo, kereta akan kembali ke Stasiun Maguwu. 
 
Kereta berangkat dari Stasiun Wojo pada 14.04 WIB dan tiba di Stasiun Maguwo pada 14.55 WIB. KA Bandara juga akan berhenti sejenak di Stasiun Wates dan Stasiun Yogyakarta.
 
Jadwal dari KA Bandara ini masih dapat bertambah dengan menyesuaikan jadwal penerbangan di YIA. Selain itu, rute KA Bandara masih rute sementara. Pembangunan jalur KA dari Stasiun Kedundang menuju Stasiun Bandara Internasional Yogyakarta belum rampung.
 
Baca: Tarif KA Bandara YIA Dipatok Rp30ribu
 
Jika sudah selesai, nantinya penumpang dapat langsung turun di bandara tanpa perlu berpindah moda. Sarana KA Bandara menggunakan rangkaian KRDE dengan kapasitas 196 penumpang duduk dan 200 penumpang berdiri. Total KA berkapasitas 396 penumpang dalam satu rangkaian. 
 
Fasilitas KA meliputi penyejuk ruangan (AC), televisi, toilet, ruang penyimpanan koper dan barang, serta USB port untuk mengisi daya telepon pintar. Untuk menunjang kenyamanan penumpang, KAI telah memperbaiki ruang tunggu penumpang di empat stasiun yang dilalui.
 

(LDS)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif