KA Bandara YIA. (Medcom.id/Patricia Vicka) (Patricia Vicka)
KA Bandara YIA. (Medcom.id/Patricia Vicka) (Patricia Vicka) (Patricia Vicka)

Tarif KA Bandara YIA Dipatok Rp30ribu

kereta bandara bandara
Patricia Vicka • 06 Mei 2019 21:06
Yogyakarta: PT KAI Daop VI mengenakan tarif Rp30 ribu kepada penumpang KA Bandara Yogyakarta International Airport (YIA) di Kulonprogo. Tarif tersebut berlaku untuk sekali perjalanan.
 
Manager Humas KAI DAOP VI, Eko Budiyanto mengatakan titik awal pemberangkatan KA Bandara dari Stasiun Maguwo Sleman menuju Stasiun Wojo di Purwerejo, Jawa Tengah.
 
"KA Bandara akan berhenti di Stasiun Tugu Kota Yogyakarta, Stasiun Wates Kulonprogo, dan Wojo Purwerejo," kata Eko di Stasiun Tugu Yogyakarta, Senin 6 Mei 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: KA Bandara YIA Mulai Beroperasi
 
Waktu tempuh Stasiun Maguwoharjo ke Staisun Wojo sekitar 45 menit. Penumpang yang sudah sampai di Stasiun Wojo akan melanjutkan perjalanan ke Bandara YIA dengan menggunakan bus Damri. Tarif Bus Damri dibandrol Rp10ribu sekali jalan.
 
"Kalau dari Stasiun Wojo ke Bandara YIA pakai Damri sekitar 12 hingga 15 menit," kata dia.
 
Di awal beroperasi, KA Bandara berangkat satu kali sehari pulang pergi dari stasiun Maguwoharjo menuju Stasiun Wojo. Penumpang bisa membeli tiket di loket stasiun Maguwoharjo, Stasiun Tugu, Stasiun Wates, dan Stasiun Wojo.
 
"Sekarang pesan tiketnya masih 'GO Show". Tapi nanti bisa lewat online. Harganya nanti sudah satu paket kereta dan Damri . Jadi sekali beli dia bisa sampai ke tujuan meskipun kendaraannya ganti, "kata Eko.
 
Ke depannya DAOP VI akan menambah frekuensi perjalanan KA Bandara. Jumlah slot perjalanan akan disesuaikan dengan banyaknya slot penerbangan di Bandara YIA.
 
"Iya, makin banyak. Kita sinkronisasi dengan penerbangan di Bandara YIA. Sehingga penumpang terlayani dengan baik. Kami susah siapkan beberapa skenario dan antisipasi soal itu," kata dia.
 
Ia menegaskan untuk sementara kereta api dijadwalkan tiba di stasiun Wojo satu jam sebelum jadwal penerbangan pesawat.
 
Penumpang perdana, I Gusti Agung Premananda, 23, mengatakan ia mendapatkan diskon 50 persen untuk tarif kereta bandara.
 
"Saya beli tiket kereta Rp15ribu. Mungkin karena perdana jadi lebih murah," kata pria yang hendak terbang ke Jakarta dengan pesawat Citilink ini.

 

(ALB)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif