Ilustrasi Metrotvnews.com
Ilustrasi Metrotvnews.com ()

Parpol Harus Koalisi Usung Cabup Temanggung

pilkada 2018
07 Juli 2017 16:25
medcom.id, Temanggung: Partai politik di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah harus berkoalisi untuk bisa mengusung pasangan calon bupati dan wakil bupati pada Pilkada 2018.
 
"Pada pilkada mendatang, tidak ada satu pun partai politik yang bisa mengusung pasangan calon bupati dan wakil bupati sendiri, karena sesuai aturan parpol harus memiliki minimal 20 persen kursi di DPRD setempat," kata Komisioner KPU Temanggung Agus Istanto seperti dikutip Antara, Jumat 7 Juli 2017.
 
Ia mengatakan parpol yang akan mengusung pasangan calon bupati dan wakil bupati sendiri juga harus memperoleh suara sah sebanyak 25 persen untuk pemilihan anggota DPRD kabupaten, pada Pemilu Legislatif 2014.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Aturannya sudah jelas, parpol di Temanggung tidak ada satu pun yang bisa atau mampu mengusung pasangan calonnya sendiri, mereka harus berkoalisi," ucapnya.
 
Ia menjelaskan sesuai ketentuan partai harus memiliki 20 persen kursi atau 9 kursi di DPRD Temanggung atau jika tidak memiliki kursi DPRD minimal 20 persen, agar dapat mencalonkan pasangan bupati/wakil bupati, partai bersangkutan minimal mendapatkan dukungan suara sah sebanyak 25 persen atau
sebanyak kurang lebih 124 ribu suara sah.
 
Pada Pemilu 2014, katanya perolehan suara tertinggi PDI Perjuangan hanya sekitar 84 ribu suara sah, disusul Partai Golkar dan PKB yang masing-masing memperoleh sekitar 65 ribu suara.
 
Jumlah kursi yang dimiliki parpol di DPRD Temanggung hasil Pemilu 2014, yakni PDI Perjuangan tujuh kursi, PKB enam kursi, Golkar lima kursi, PPP lima kursi, PAN lima kursi, Hanura empat kursi, Gerindra empat kursi, Nasdem empat kursi, PKS tiga kursi, dan Partai Demokrat dua kursi.
 
"Melihat komposisi tersebut tidak ada satu pun partai yang memenuhi syarat untuk mengusung sendiri calon bupati/wakil bupati pada Pilkada 2018, karena semua partai jumlah perolehannya kurang dari sembilan kursi," tuturnya.
 
Bahkan, katanya untuk partai-partai yang saat ini bergabung dalam satu fraksi di DPRD Temanggung, jumlah kursinya tidak mencapai sembilan kursi, yakni Fraksi Golkar Sejahtera yang merupakan gabungan Golkar dan PKS hanya delapan kursi dan Fraksi PAN-Partai Demokrat hanya tujuh kursi.
 
"Mereka harus berkoalisi, nantinya partai politik yang akan menentukan sendiri koalisinya," ujarnya.

 

(ALB)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif