Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan. Medcom.id/Syaikhul Hadi
Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan. Medcom.id/Syaikhul Hadi (Syaikhul Hadi)

Fakta Hukum di Balik Kasus Amblesnya Jalan Gubeng

Jalan Gubeng Ambles
Syaikhul Hadi • 23 Januari 2019 21:13
Surabaya: Insiden amblesnya Jalan Raya Gubeng menyeret beberapa pimpinan kontraktor proyek pembangunan Basement RS Siloam. Proyek pembangunan yang dikerjakan 16 perusahaan tersebut memiliki izin ganda.
 
Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Luki Hermawan menyebut jumlah tersangka di kasus ini bertambah. "Kami sudah tetapkan tiga lagi tersangka. Jadi total ada enam tersangka," kata Kapolda Jatim, Irjen Pol Luki Hermawan, Rabu, 23 Januari 2019.
 
Ada beberapa sebab yang menjadikan jalan raya Gubeng ambles. Proses pembangunan basement RS Siloam bermasalah diduga kuat jadi salah satu penyebab. Proyek itu direncanakan  pada 2012, PT. Ketira yang membuat perencanaan dan analisis strukturnya dibuat PT. Bestana.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: IMB Proyek Penyebab Jalan Gubeng Ambles Keluar Ganda
 
Pada 2013, proses pembuatan pondasi bangunan sudah dimulai. Setahun kemudian, tim ahli bangunan gedung dari Dinas Pengelolaan Bangunan dan Tanah Pemkot Surabaya memberikan rekomendasi untuk menerbitkan Ijin Mendirikan Bangunan.
 
"Lalu keluarlah IMB ditahun 2015 dengan izin 20 lantai dan dua lantai basement," terang dia.
 
Pada 2017, IMB kedua muncul dengan kriteria izin membangun sebelas dan 20 lantai ke atas, serta tiga lantai ke bawah. Proses penggalian basement yang dilakukan oleh PT. NKE mulai dilakukan sejak Desember  2017.
 
"Namun, pada prosesnya, ternyata sempat menimbulkan masalah. Salah satunya pada 10 September 2018 ada perbaikan rumah di jalan raya Gubeng nomor 92 atas komplain warga setempat yang mengaku terdampak bangunan tersebut," tambahnya.
 
Komplain hingga teguran sempat dilayangkan warga akibat pembangunan. Belum lagi persoalan pembuangan limbah di saluran setempat. Bangunan Elizabeth juga sempat didapati turun pada 8 Oktober 2018.
 
Pihaknya akan terus melakukan pengembangan terkait kasus amblesnya jalan raya Gubeng.
 

(SUR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:26
  • SUBUH04:36
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif