Fenomena Embun Upas Mulai Muncul di jalur pendakian Gunung Semeru di Ranupani, Lumajang, dan Pananjakan, Gunung Bromo, Probolinggo. . (MI/Bagus Suryo)
Fenomena Embun Upas Mulai Muncul di jalur pendakian Gunung Semeru di Ranupani, Lumajang, dan Pananjakan, Gunung Bromo, Probolinggo. . (MI/Bagus Suryo) (Media Indonesia)

Fenomena Embun Upas Muncul di Kawasan Semeru

embun upas
Media Indonesia • 21 Juni 2019 08:14
Malang: Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS), Kota Malang, Jawa Timur, mengimbau para pendaki di Gunung Semeru dan wisatawan di Gunung Bromo untuk mewaspadai cuaca dingin ekstrem. Sebab suhu saat malam hari mencapai nol derajat cesius, bahkan dilaporkan ada fenomena embun upas. 
 
Embun pagi yang membeku itu dijumpai di Ranupani, jalur pendakian ke Gunung Semeru. Petugas TNBTS memantau fenomena embun upas hingga membekukan dedaunan dan rumput. Fenomena serupa juga dijumpai di tenda-tenda para pendaki.
 
"Belum dilaporkan adanya pengaruh atau dampak negatif cuaca dingin terhadap pengunjung," kata Kepala Sub Bagian Data Evaluasi Pelaporan dan Humas TNBTS Syarif Hidayat, kepada Media Indonesia, Kamis, 21 Juni 2019. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia mengatakan, fenomena froze atau embun upas belum merata di semua kawasan. Petugas di lapangan baru menemui embun upas di Ranupani, yang muncul pada 16 Juni 2019 karena suhu udara mencapai dua derajat celsius sampai delapan derajat celsius.
 
Sedangkan pantauan di laut pasir Gunung Bromo kawasan Desa Cemorolawang, Probolinggo, belum ada laporan serupa. Lantaran suhu udara berkisar 10 derajat celsius sampai 12 derajat celsius.
 
"Sementara suhu di Penanjakan kisaran lima derajat hingga 10 derajat celsius, tapi untuk malam hari bisa mencapai nol derajat," tuturnya.
 
Pihaknya mengimbau pengunjung agar mengantisipasi udara dingin akibat cuaca ekstrem, dengan mengenakan baju hangat yang memadai. Selain itu, pengunjung disarankan membawa jaket, minuman, makanan dan obat-obatan pribadi yang dibutuhkan termasuk fisik prima selama berwisata di Gunung Bromo dan pendakian di Gunung Semeru.
 
"Apabila terjadi hal-hal tidak diinginkan terkait dampak cuaca dingin segera menghubungi kantor atau petugas terdekat untuk dilakukan penanganan," pungkasnya.
 

(LDS)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif