Angkot Antar-Jemput Siswa Sidoarjo Rampung 2019
Ilustrasi angkutan umum. MI/Bary Fathahilah
Sidoarjo: Dinas Perhubungan Sidoarjo menargetkan operasional angkutan kota (angkot) antar-jemput siswa rampung 2019 mendatang. Untuk merealisasikan itu, dibutuhkan anggaran kurang lebih Rp3,5 miliar dari Anggaran APBD.

Kabid Angkutan Dinas Perhubungan Kabupaten Sidoarjo Edi Sulistiono mengatakan, persiapan program angkutan antar jemput siswa saat ini sudah mencapai 80 persen.

"Tahun depan kita realisasikan. Namun, untuk kepastiannya kita masih menunggu keputusan panitia anggaran. Kira-kira dialokasikan berapa, kita mengikuti saja," ungkap Edi, Minggu, 27 Mei 2018.


Di mengajukan anggaran Rp3,5 miliar. Namun, pihaknya siap menyesuaikan dengan anggaran yang ada. Kebutuhan angkutan yang akan dipakai untuk program antar jemput siswa bisa disesuaikan.

"Artinya kita sesuaikan wilayah yang kita layani. Kalau (anggaran) besar, bisa dicakup semuanya. ," tegasnya.

Baca: Angkutan Umum di Sidoarjo akan Antar Jemput Anak Sekolah

Pihaknya sudah melakukan kajian terkait program tersebut. Setidaknya ada beberapa rute-rute yang disesuaikan dengan tujuan siswa ke sekolah.

Tak hanya itu, kajian juga difokuskan pada jam pemberangkatan maupun jam sepulang sekolah.  "Jadi bentuk kerjasamanya, kita sewa angkutan umum ini secara khusus untuk antar jemput siswa," terangnya.

Angkutan umum akan menunggu di titik-titik yang ditentukan pada jam berangkat dan pulang sekolah. Dishub Sidoarjo akan memilih angkutan dari sekian ribu angkutan kota yang ada.  

Fisik dan kelayakan angkutan umum menjadi prioritas. "Kita yang bayar mereka," kata dia.

Harapannya, program ini membuat angkutan umum kembali diminati masyarakat. Terutama dimulai dari dukungan para siswa untuk naik angkutan secara gratis.



(SUR)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id