Sebelum Musim Hujan, Warga Sidoarjo Diminta Jaga Sungai

Syaikhul Hadi 09 Oktober 2018 15:52 WIB
sungai
Sebelum Musim Hujan, Warga Sidoarjo Diminta Jaga Sungai
Warga mendorong sepeda motor lantaran terjebak banjir di Sidoarjo, November 2017, Medcom.id - Syaikhul Hadi
Sidoarjo: Tidak membuang sampah di sungai menjadi cara Pemerintah Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, menghindari banjir. Lantaran itu, Pemkab terus mengingatkan warga tak membuang sampah di sungai.

Pada 2017, musim penghujan di Sidoarjo mulai November. Saat hujan turun, beberapa daerah di kabupaten tersebut terendam banjir.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sidoarjo Dwijo Prawito mengatakan belum dapat memprediksi kapan hujan akan turun. Sebab ia belum mendapat informasi dari Badan Meteorologi Keologi dan Geofisika (BMKG) soal prediksi.


Baca: Empat Kecamatan di Sidoarjo Terendam Banjir

"Meski demikian, tetap harus ada yang diantisipasi bila hujan datang. Satunya kesadaran masyarakat jaga lingkungan," kata Dwijo di Sidoarjo, Selasa, 9 Oktober 2018.

Sidoarjo dikenal sebagai Kota Delta sebab lokasinya berada di dataran rendah. Banyak sungai melintasi Sidoarjo. Sungai tersebut mengalir dari arah Surabaya, Gresik, Pasuruan, dan Mojokerto.

"Ini kan kawasan Delta, berarti air. Jadi, memang tidak salah kalau banyak air. Apalagi banyak sungai di sekitarnya. Ada sungai Brantas, Sungai Porong, Sungai Buntung, sungai Ketapang dan lain-lain," jelasnya. 

Kebanyakan, banjir melanda desa yang berdekatan dengan sungai besar. Salah satunya di kawasan jalan Raya Porong, Kawasan Jabon, Waru, dan Balongbendo. Tak hanya itu, banjir juga kerap menghantui kawasan perkotaan Sidoarjo. 



(RRN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id