Uji Coba Jembatan Widang belum Dapat Dilakukan
Sejumlah pekerja menyelesaikan perbaikan Jembatan Widang di Tuban, yang ambruk pada April 2018, Ant - Aguk Sudarmojo
Tuban: Jembatan Widang di Tuban, Jawa Timur, yang ambruk pada pertengahan April 2018 lalu akan segera dioperasikan kembali. Sebelum dioperasikan, jembatan akan diuji coba untuk memastikan keamanan kendaraan dan pengendara yang melintas.

Hingga berita ini dimuat, Senin, 4 Juni 2018, uji coba belum dapat dilakukan. Sebab, proses pengerjaan jembatan masih berlangsung. 

Jembatan kini dilengkapi dengan marka dan rambu. Kamera CCTV juga dipasang di sudut jembatan berkapasitas 13 ton itu. Nantinya, kamera digunakan untuk mempermudah identifikasi jenis kendaraan yang melintasi jembatan.


Kapolres Tuban AKBP Nanang Hariyono mengatakan Jembatan Widang merupakan infrastruktur penting yang menghubungkan Tuban dengan Lamongan. Namun jembatan ambruk beberapa bulan lalu. Sehingga akses lalu lintas terganggu.

"Lantaran itu, setelah perbaikan, kami berharap, uji coba berjalan aman dan lancar. Sebab jembatan ini merupakan jantung transportasi dan ekonomi Tuban-Lamongan, jadi harus segera difungsikan kembali," terang Nanang.

Sementara itu, Gubernur Jatim Soekarwo meminta Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBP JN) VIII dapat mengoperasikan Jembatan Widang pada 6 Juni 2018. Setidaknya, sisi barat jembatan sudah dapat dilintasi.

"Yang jelas jembatan Widang bagian barat yang baru selesai diperbaiki sekarang sudah bisa dimanfaatkan, tapi bukan untuk kendaraan yang kelebihan
tonase," kata Kepala Bidang Presertasi BBPJN VIII Surabaya Sodeli.

Baca: Truk Diduga jadi Penyebab Jembatan Widang Ambruk

Pada 17 April 2018, jembatan yang berlokasi di Kecamatan Widang itu ambruk. Tiga truk yang tengah melintas pun terjun ke Bengawan Solo. Satu pengemudi meninggal. Sedangkan empat orang terluka.

Lihat video:
 



(RRN)