Suasana di Pelabuhan Kalianget, Sumenep, Kamis, 3 Januari 2019, Medcom.id - Rahmatullah
Suasana di Pelabuhan Kalianget, Sumenep, Kamis, 3 Januari 2019, Medcom.id - Rahmatullah (Rahmatullah)

Pelayaran di Perairan Sumenep Sudah Diizinkan

cuaca ekstrem
Rahmatullah • 03 Januari 2019 19:04
Sumenep: Kapal mulai melayani penumpang untuk berlayar di perairan Sumenep, Jawa Timur. Tapi, pantauan Medcom.id, belum ada kapal yang berlayar pada Kamis, 3 Januari 2019.
 
Kepala Kesyahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kalianget, Sumenep, Supriyanto, mengatakan kapal sudah boleh berlayar mengangkut penumpang. Sebab, kondisi gelombang sudah aman.
 
"Kami pantau cuaca di tengah laut, kondisi sudah aman," ujar Supriyanto di Sumenep.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Penumpang di Pelabuhan Kalianget Tertahan Selama 6 Hari
 
Pelabuhan Kalianget menjadi sandaran untuk kapal yang berlayar menuju Kangean. Tampak pula kapal rute Jangkar-Kalianget dan Sapeken-Kalianget yang termasuk dalam pelayaran jangka pendek.
 
Supriyanto mengatakan kapal bisa beroperasi dengan normal. Dia mengaku terus berkoordinasi dengan BMKG setempat untuk mengetahui kondisi cuaca di laut.
 
Kepala BMKG Kalianget Sumenep, Usman Kholid, tetap menyarankan pelayaran ditunda. Katanya, tinggi gelombang di Masalembu 2,5 meter, sedangkan di Kangean setinggi 3 meter. Usman mengatakan kondisi tersebut masih membahayakan untuk aktivitas pelayaran.
 
"Tetapi kewenangan memberikan izin pelayaran bukan kami, karena sudah ada otoritasnya sendiri. Tiap kapal itu punya spesifikasi tertentu tentang tinggi gelombang yang tidak boleh berlayar itu berapa. Itu kewenangan Syahbandar," jelasnya.
 
Calon penumpang kapal tertahan di Pelabuhan Kalianget sejak sepekan lalu. Mereka tak bisa menyeberang lantaran gelombang tinggi.
 
Otoritas pelabuhan tak mengizinkan kapal berlayar mengangkut penumpang. Angin kencang dan gelombang tinggi mengancam keselamatan penumpang.

 

(RRN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi