Prajurit TNI berjaga di depan Lapas Narkotika Kelas III Langkat pascakerusuhan yang terjadi, di Langkat, Sumatera Utara, Kamis, 16 Mei 2019. Antara/Irsan Mulyadi (Antara)
Prajurit TNI berjaga di depan Lapas Narkotika Kelas III Langkat pascakerusuhan yang terjadi, di Langkat, Sumatera Utara, Kamis, 16 Mei 2019. Antara/Irsan Mulyadi (Antara) (ant)

Kerugian Lapas Langkat Mencapai Miliaran Rupiah

tahanan kabur
ant • 27 Mei 2019 16:14
Medan: Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatra Utara, Dewa Putu Gede, mengatakan kerugian material akibat terbakarnya Lembaga Pemasyarakatan Narkotika Kelas III Simpang Ladang, Kecamatan Hinai, Kabupaten Langkat, mencapai nilai miliaran rupiah.    
 
"Namun saat ini berapa jumlah angka kerugian yang pasti masih didata oleh petugas," kata Putu, di Medan, Minggu, 27 Mei 2019.
 
Baca: 57 Napi Lapas Langkat Masih Berkeliaran dan Diburu

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kebakaran tak hanya menyebabkan kerugian yang besar,  selain bangunan yang ludes terbakar, arsip para narapidana juga tidak ada yang berhasil diselamatkan.
 
"Selain itu, sebayak 12 unit sepeda motor, empat unit mobil milik pribadi, satu ambulans terbakar, dan begitu juga kaca ruang perkantoran banyak yang pecah," ujar Putu.
 
Baca: Ketua DPR: Harus Ada Evaluasi Menyeluruh Sistem Lapas
 
Ia menyebutkan, hingga kini napi yang kabur dari Lapas Narkotika Langkat yang belum kembali ke dalam sel tahanan sebanyak 53 orang lagi. Saat ini personel TNI-Polri dan petugas Lapas Narkotika Langkat masih dikerahkan mencari napi yang buron.
 
Ia menghimbau para napi yang belum juga menyerahkan diri, dengan kesadaran yang tinggi agar dapat kembali menjalani sisa hukuman.    
 
"Keluarga napi yang mengetahui tempat persembunyian warga binaan itu, dapat melaporkannya pada petugas keamanan maupun Lapas Narkotika Langkat," katanya.

 

(ALB)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif