Alumni UNPAR Berbagi Kasih melalui Ngabuburit dan Buka Bersama Yatim dan Duafa

Anggi Tondi Martaon 11 Juni 2018 12:20 WIB
UNPAR
Alumni UNPAR Berbagi Kasih melalui Ngabuburit dan Buka Bersama Yatim dan Duafa
Alumni UNPAR Berbagi Kasih: Ngabuburit dan Buka Bersama Anak Yatim dan Duafa (Foto: Humas UNPAR)
Bandung: Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR) berbagi berkah pada Bulan Ramadan tahun ini. Salah satu perguruan tinggi di Bandung, Jawa Barat, itu menggelar acara buka  bersama (bukber) dengan masyarakat.

Dalam kata sambutannya, Rektor UNPAR Mangadar Situmorang, Ph.D berharap peserta bukber dan seluruh umat muslim yang menjalankan salah mendapatkan hikmah dan berkah setelah menjalankan rukun Islam ke-3 tersebut.
 

Rektor UNPAR Mangadar Situmorang, Ph.D didampingi oleh Anggota Komisi Fatwa MUI Jawa Barat Dr. H. Asep Fathurrohman menyaksikan rangkaian acara Bukber (Foto: Humas UNPAR)


“Semoga ibadah puasa Bapak, Ibu, dan adik-adik semua akan mendapatkan pahala berlimpah. Doa dan harapan kita, semoga pada bulan Ramadan ini diberikan berkah bagi kita semua,” kata Mangadar, dalam keterangan tertulis.


Acara buka puasa bersama bertajuk Alumni UNPAR Berbagi Kasih: Ngabuburit dan Buka Bersama Anak Yatim dan Duafa, merupakan hasil kerja sama pihak universitas dengan Ikatan Alumni (IKA) UNPAR. Acara tersebut juga dihadiri oleh pihak Yayasan, staf/karyawan, Paguyuban Purnabakti UNPAR (PPU), alumni, serta mahasiswa UNPAR.

Acara bukber tersebut sudah menjadi sebuah rutinitas yang dilakukan oleh keluarga besar UNPAR. Salah satu tim panitia buka bersama IKA UNPAR Ira Hutabarat mengatakan, kegiatan serupa sudah tiga kali diadakan olehnya bersama tim alumni UNPAR. 

"Sebelumnya, IKA UNPAR pernah menggelar acara Musik Puing di UNPAR dalam rangka pembongkaran Gedung Serba Guna (GSG) UNPAR, juga kegiatan buka bersama di momen Ramadan dua tahun lalu," kata alumnus FH UNPAR angkatan 1996 yang kini menjabat sebagai Deputi Kebangsaan dan Pengabdian Masyarakat IKA UNPAR.

Lebih jauh, Ira menjelaskan bahwa acara Alumni UNPAR Berbagi Kasih: Ngabuburit dan Buka Bersama Anak Yatim dan Duafa tahun ini menggelar berbagai acara.

1. Tausiyah

Pada bukber tahun ini, pihak UNPAR mengundang Dr. H. Asep Fathurrohman untuk memberikan siraman rohani kepada seluruh peserta. Dalam tausiyahnya, dia menyampaikan pesan kedamaian yang terkandung dalam Al-quran.
 

Anggota Komisi Fatwa MUI Jawa Barat Dr. H. Asep Fathurrohman memberikan tausyiah dalam acara bukber di UNPAR (Foto: Humas UNPAR)


Anggota Komisi Fatwa MUI Jawa Barat itu menjelaskan, dalam Al-quran diajarkan agar umat manusia saling mengenal, mencintai tanpa harus melihat perbedaan. 

“Oleh karena itu, dalam kehidupan kita semua ini, harus membangun rasa saling percaya, tidak boleh saling curiga mencurigai,” ujarnya dalam tausiyah singkatnya.

2. Hiburan 

Acara semakin meriah dengan sejumlah penampilan musik dari Zoomcoustic, De Ebels, Yayasan Biruku Indonesia, serta persembahan puisi dari Yayasan Roemah Quran Indonesia.
 

Bukber diisi penampilan Pidi Baiq, seniman dan penulis novel Dilan yang juga alumni UNPAR (Foto: Humas UNPAR)


Tak ketinggalan, Pidi Baiq penulis novel Dilan, hadir mempersembahkan beberapa lagu pada acara tersebut. Ia datang ke UNPAR untuk berkunjung sekaligus bersilaturahmi dengan pengurus IKA UNPAR yang merupakan teman-teman semasa kuliah di Bandung.

“Senang ke sini (UNPAR). Kalau ke UNPAR selalu senang,” ungkap dia.

3. Donasi

Tak lupa, dalam kesempatan tersebut tim penyelenggara juga mengumpulkan donasi dari civitas akademika UNPAR. Dana tersebut akan diberikan kepada yayasan anak yatim dan duafa.



(ROS)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id