Kemendes PDTT  menggelar Forum Tematik Badan Koordinasi Kehumasan (Bakohumas) di Kota Malang, Jawa Timur, Rabu, 24 April 2019 (Foto:Dok.Kemendes PDTT)
Kemendes PDTT menggelar Forum Tematik Badan Koordinasi Kehumasan (Bakohumas) di Kota Malang, Jawa Timur, Rabu, 24 April 2019 (Foto:Dok.Kemendes PDTT) (M Studio)

Pentingnya BUMDes dalam Menggenjot Perekonomian Desa

Berita Kemendes PDTT
M Studio • 25 April 2019 18:25
Malang: Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) menjadi satu dari empat program prioritas Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) dalam meningkatkan aktivitas ekonomi desa dan kawasan perdesaan.
 
Selain BUMDes, Kemendes PDTT mengunggulkan tiga program lainnya yakni Produk Unggulan Kawasan Perdesaan (Prukades), pembangunan embung desa, dan sarana olahraga desa.
 
Guna mendorong masifnya sosialisasi dan implementasi BUMDes hingga ke warga desa, diperlukan kerja sama antar kementerian dan lembaga. Kemendes PDTT mewadahinya melalui penyelenggaraan Forum Tematik Badan Koordinasi Kehumasan (Bakohumas) di Kota Malang, Jawa Timur, Rabu, 24 April 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kegiatan Bakohumas ini adalah upaya untuk saling bersosialisasi dan memahami pentingnya peran BUMDes untuk desa. Forum ini diharapkan tidak hanya sekadar rapat saja, tapi lebih pada kegiatan yang implementatif di lapangan," ujar Direktur Jenderal Pengembangan Kawasan Perdesaan Kemendes PDTT Harlina Sulistyorini.
 
Direktur Tata Kelola dan Kemitraan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika Salamatta Sembiring menambahkan, BUMDes merupakan upaya Kemendes PDTT untuk mempercepat ekonomi perdesaan. 
 
Salamatta berharap, BUMDes tak hanya menjadi kunci pemicu bagi pergerakan ekonomi, namun juga menjadi pendorong bagi penguatan sumber daya manusia di desa.
 
"61 persen desa telah memiliki BUMDes. Kita perkenalkan BUMDes ke seluruh desa. Menjadi tugas kita semua untuk menggaungkan BUMDes agar efektif dan efisien dalam mengembangkan unit usaha serta aset desa untuk mensejahterakan masyarakat desa," ujarnya.
 
Ia berharap, kementerian/lembaga yang tergabung dalam Bakohumas dapat bekerja sama menyosialisasikan BUMDes. 
 
Peserta forum Bakohumas pun diimbau saling memberikan masukan konstruktif untuk mempercepat pertumbuhan desa-desa di Indonesia.
 
"Sebagai wujud nyata kerja Bakohumas, saya mengimbau untuk secara luas dan masif menyebarkan informasi (terkait BUMDes) kepada pemangku kepentingan, baik lewat website maupun media sosial kementerian/lembaga," ujarnya.
 

(ROS)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif