Dirjen PKT: Dana Desa untuk Penangkaran Benih Unggul Pertanian
Dirjen PKT Kemendes PDTT M Nurdin (Foto:Dok)
Kediri: Direktur Jenderal Pengembangan Kawasan Transmigrasi Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Dirjen PKT Kemendes PDTT) M Nurdin menghadiri perayaan HUT ke-20 Serikat Petani Indonesia (SPI) di Desa Klanderan, Kecamatan Plosoklaten, Kabupaten Kediri, Jawa Timur, Kamis, 12 Juli 2018. Perayaan tersebut dihadiri seribu petani beserta undangan.

Dalam kata sambutannya, Nurdin mengatakan dana desa dapat juga digunakan menunjang pembangunan dan pengembangan pertanian melalui peningkatan intensifikasi dan diversikasi komoditas.

"Dana desa mendukung penangkaran-penangkaran benih dalam rangka penyemaian benih unggul yang akan menunjang produk unggulan kawasan perdesaan (Prukades),” kata Nurdin.


Penangkaran benih selanjutnya menjadi bagian dari usaha yang dikembangkan oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Diharapkan, upaya ini mampu menjaga ketersediaan benih. 

Nurdin menyampaikan, selain itu upaya Kemendes PDTT mendukung sektor pertanian juga terlihat dari empat program prioritas yang dicanangkan Kemendes PDTT yaitu Prukades, Embung, BUMDes, dan Sarana Olahraga Desa. Keempat program tersebut saling terkait dalam upaya peningkatan ekonomi masyarakat desa.

"Di sinilah manfaat dari embung sebagai pendukung sektor pertanian diperlukan, yaitu untuk menjaga kestabilan produksi pangan karena ketersediaan air menjadi faktor penting dalam sektor pertanian,” kata dia.

Dalam peringatan HUT ke-20 ini SPI juga memberikan peragaan bagaimana penangkaran benih dilaksanakan oleh kelompok-kelompok tani di desa. Di Desa Klanderan, pemberdayaan penangkaran benih telah dilaksankan oleh gabungan kelompok tani (Gapoktan) yang didukung oleh Fatayat dan Muslimat NU. 



(ROS)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id