Tak Ikut Demo, Puluhan Angkot Jadi Relawan
Sejumlah sopir angkot se Malang Raya melakukan aksi damai di halaman Stasiun Kota Baru Malang, Rabu 14 Maret 2018.
Malang: Ratusan angkutan kota (angkot) di Kota Malang tampak berkumpul di halaman Stasiun Kota Baru Malang, Rabu 14 Maret 2018. Mereka memilih untuk tidak mengikuti aksi demo dengan menjadi relawan aksi damai dan tetap beroperasi secara cuma-cuma.

Sebelumnya diberitakan, ratusan sopir angkutan kota (angkot) se-Malang Raya menggelar aksi demo di kantor Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Dinas Perhubungan Jatim Jalan Raya Karanglo, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang, Rabu 14 Maret 2018.

Koordinator Aksi Damai Angkot Stasiun Kota Baru Malang Hariadi mengatakan setidaknya terdapat 125 armada yang menjadi relawan dengan melibatkan 220 sopir.


"Khusus hari ini seluruh penumpang akan kami angkut dengan cuma-cuma alias gratis mulai dari pukul 07.00 sampai pukul 15.00 WIB," ujarnya saat ditemui Medcom.id.

Hariadi mengatakan aksi damai ini dilakukan dalam rangka mempertanyakan Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) 108 tahun 2017 tentang Penyelenggaran Angkutan Orang dengan Kendaraan Bermotor Umum Tidak dalam Trayek.

"Kami mempertanyakan apakah Permenhub 108 ini akan berlanjut atau menggunakan peraturan baru. Sebab, selama ini peraturannya masih ditunda-tunda, bahkan banyak taksi online yang masih melanggar zona merah," keluhnya. 

Sopir angkot jalur Arjosari-Dinoyo-Landungsari (ADL) ini mengaku banyak penumpang angkot yang mulai beralih menggunakan transportasi online. "Sekarang pendapatan kami menjadi turun drastis," jelasnya.

Selain sopir angkot, aksi damai ini juga diikuti oleh Polres Malang Kota, TNI, dan Satpol PP. Kapolres Malang Kota AKBP Asfuri mengatakan, pihaknya juga menyiapkan kendaraan untuk mengangkut para penumpang.

"Kami sudah menyiapkan 20 kendaraan. Mulai dari bus, truk, dan mobil biasa. Rute yang dilalui akan disesuaikan dengan penumpang dan akan beroperasi hingha aksi demo di Karanglo berakhir," tandasnya.

Selain itu, Polres Malang Kota juga mengerahkan sebanyak 879 personel gabungan yang terdiri dari Polri, TNI, Dishub dan Satpol PP.



(ALB)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id